Home » , , , » Mengatasi Troubleshoot Pada Keyboard

Mengatasi Troubleshoot Pada Keyboard

Keyboard merupakan salah satu alat input data yang penting dalam melakukan komputasi. Walaupun jenis keyboard berbeda-beda hingga bentuknya namun fungsinya tetap dan tidak berubah yaitu untuk memberi perintah dengan cara pengiriman data dalam bentuk kode-kode ASCII yang kemudian diterjemahkan oleh prosesor sebagai perintah dan memprosesnya sehingga apa yang kita ketikkan pada tuts keyboard akan muncul pada media yang diinginkan misalnya saat kita sedang membuka notepad. Meskipun hanya sebuah keyboard namun jika terjadi masalah atau trouble pada benda ini rasanya sangat kesal karena apa yang kita input melalui huruf dan angka tidak berfungsi. berikut solusi mengatasi troubleshoot pada keyboard.

Mengatasi Troubleshoot pada keyboard

Pada dasarnya, perbaikan  pada keyboard itu jarang sekali terjadi apalagi harus menservicenya dalam waktu yang lama. Namun saya akan mencoba menguraikan cara mengatasi troubleshoot pada keyboard. Lebih baik memperbaiki sendiri dari pada harus membeli baru,ya walaupun harganya murah. Namun tidak ada salahnya

Langkah pertama kita diagnosa terlebih dahulu kenapa harus diperbaiki. kerusakan keyboard yang pernah saya temui seperti berikut.

  • Tuts Keyboard pada saat ditekan tidak menampilkan karakter yang tampil pada monitor. Penyebabnya ialah adanya kotoran atau debu yang mengendap dibawah tuts keyboard dan ini menyebabkan tekanan pada tuts tidak mengenai matrix elektro dibawahnya. Solusinya adalah bisa dengan cara meniupkan udara (kompresor dengan filter) atau dengan kuas berulang kali hingga tuts keyboard berfungsi kembali dengan baik.
  • Tuts keyboard saat ditekan tidak sesuai dengan karakter yang tertera pada tuts tersebut. Misalnya, pada saat menekan tuts "Y" maka yang muncul akan berupa Angka. jadi, bukan huruf "Y". Ini disebabkan oleh ketidaksengajaan kita pada saat mengetik kemudian tertekan tuts [Insert]. Untuk itu tidak perlu panik.Solusinya adalah Tekan kembali tuts [Insert] tersebut atau dengan menekan tombol kombinasi secara bersamaan yaitu: FN + Insert. Ini sering terjadi pada Netbook/Notebook atau Laptop.
  • Speaker Sistem Laptop atau CPU Desktop berbunyi pendek-pendek pada saat booting atau PC Dihidupkan. hal ini disebabkan oleh tertekannya tuts sebelum booting. Tertekannya keyboard tersebut bisa disebabkan oleh fisik tuts tersebut telah rusak atau patah sehingga tidak pada tempatnya atau posisinya dengan baik. Solusinya adalah, ganti atau lepas tuts yang bermasalah tersebut.Catatan: Bila setelah diperiksa ternyata semua tuts dalam keadaan baik dan normal, berarti telah terjadi sesuatu pada komponen lainnya (yang bukan keyboard).
  • Bila separuh atau hampir semua tuts keyboard tidak berfungsi dengan baik, hal ini dapat dikatakan bahwa keyboard tersebut telah rusak secara fisik. Penyebabnya adalah keyboard melengkung, bergeser atau ngambek minta dibuang dan dibelikan kembali yang baru, hal ini sering terjadi pada keyboard Notebook atau laptop.Akan tetapi bila dicoba dengan keyboard lain (Keyboard eksternal yang dikoneksikan ke Port USB ternyata masih tidak berfungsi, itu artinya, telah terjadi sesuatu pada Motherboard.
Dari artikel mengatasi troubleshoot pada keyboard semoga bermanfaat untuk anda dan menambah wawasan untuk kita, jangan lupa untuk kembali membaca artikel kami lainnya.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.