Home » , , » Efek Negatif Menggunakan Laptop Tanpa Memasang Baterai

Efek Negatif Menggunakan Laptop Tanpa Memasang Baterai

Efek menggunakan laptop tanpa baterai
Kita sebagai pengguna laptop untuk mendukung aktifitas, pasti pernah beradu pendapat sesama pengguna laptop tentang Efek Negatif Menggunakan Laptop Tanpa Memasang Baterai. Sebagian pengguna laptop ada yang berpendapat sebaiknya tidak memasang baterai saat menggunakan laptop dan sebagian lainnya justru berpendapat sebaliknya. Secara logika memasang atau tidaknya sama-sama memberikan efek negatif terhadap kesehatan pada laptop anda.

Berikut adalah efek negatif menggunakan laptop tanpa memasang baterai  :
  • tanpa memaasang baterai itu secara logika memang berbahaya, Sebaiknya anda jangan sampai melakukannya karena akan menyebabkan komponen hardware laptop terutama motherboard akan menerima tegangan arus listrik yang berlebihan dan bisa mengakibatkan konsleting yang menyebabkan mati total pada laptop anda. 
  • Menggunakan laptop tanpa baterai dan anda merasa aman karena pada charger laptop anda sudah menggunakan adapter. Walaupun fungsi adapter adalah untuk menstabilkan tegangan listrik yang masuk ke laptop. tetapi itu tidak menjamin penyesuaian besar kecilnya tegangan yang disalurkan, tegangan listrik yang masuk juga dapat mempercepat kerusakan komponen hardware, Sebaiknya dengan memasang baterai akan menstabilkan daya baterai yang masuk, karena sebenarnya fungsi baterai ketika sudah full charging adalah penyaring tegangan listrik yang masuk. 
  • Penggunaan laptop tanpa baterai akan sangat berbahaya saat mendadak terjadi padam listrik, otomatis laptop langsung mati tanpa melalui proses shut down yang benar, kalau terus seperti ini maka akan berdampak pada kerusakan harddisk, processor dan RAM. 
  • Menyalakan laptop dengan AC power dan baterai dipasang, jika terus menerus dilakukan seperti ini akan terjadi kerusakkan pada baterai.
  • Baterai mempunyai bermcam-macam bentuk dan jenisnya , namun kemungkinan besar tidak merubah komponen dari isi baterai ini. Baterai terdiri dari banyak sel, yang masing-masing sel dihubungkan dan digabungkan dalam satu pak baterai. Dan setelah saya menjelajah didunia maya dan mengunjungi suatu forum yang pernah saya baca ternyata menggunakan laptop dengan memasang baterai yang pak baterainya sudah rusak kemungkinan kecil akan berakibat baterai meledak,. Entah hanya mitos atau hanya sekedar menakut-nakuti saja.hahaha
Saran saya sih sebaiknya anda memasang baterai anda saat menggunakan laptop, dan saat melakukan charger pada laptop anda biarkan baterainya terpasang dan lepas chargernya saat baterai sudah penuh. Lakukan hal ini saat anda menggunakan laptop mungkin bisa membuat laptop anda panjang umur dalam pemakaiannya. Semoga bermanfaat untuk anda dan menambah wawasan untuk anda.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.