Home » , » Pengertian Dan Fungsi Rooting Smartphone Android

Pengertian Dan Fungsi Rooting Smartphone Android

Pengertian Dan Fungsi Rooting Smartphone Android
Pengertian Dan Fungsi Rooting Smartphone Android - Banyak sekali pengguna Android yang berbicara tentang root, padahal belum mengetahui tentang pengertian dan fungsi root tersebut sebelumya. Oleh karena itu saya akan memberikan arti dan fungsi root tersebut pada martphone Android anda.

Jika berbicara tentang root, pastikan anda mengetahui tentang root tersebut. Root adalah suatu system account yang memiliki hak penuh untuk mengakses semua file, command, dan system dalam sistem operasi yang berbasis linux termasuk Android. Kesimpulannya, root ini mempunai akses tanpa batas yang bisa merubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada didalam sistem smartphone kita. Nge-root berarti kita nge-hack sistem handphone agar kita punya akses ke account root tersebut . Maka kita sebagai pemilik smartphone Android lah yang akan mempunyai hak akses penuh terhadap smartphone tersebut.


Setelah anda mengetahui dan memahami pengertian root sekarang saatnya anda untuk mengetahui fungsi root. Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pemilik Android untuk dapat masuk ke dalam sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar file-file tersebut tidak dapat di akses. Melakukan root akan memberikan efek positif untuk Meningkatkan Performa Android kita.

Kelebihan android yang telah di Root:

  • Mempunyai akses yang tidak terbatas terhadap system Android.
  • Memindahkan aplikasi ke memory eksternal.
  • Dapat menghapus aplikasi bawaan vendor yang tidak penting.
  • Dapat melakukan Backup aplikasi dan system sehingga ketika ingin melakukan install ulang atau reset pabrik kita tidak perlu mencari, mendownload lagi.
  • Dapat merubah tampilan melalui Instalasi custom ROM.
  • Dapat menambah kemampuan procesor dengan melakukan Overclock processor sehingga kinerja Ponsel manjadi lebih cepat.
Kekurangan android yang telah di Root :
  • Garansi Smartphone Hilang
Semua vendor gadget mengatakan bahwa smartphone Android yang telah di root akan hilang masa garansinya, hal ini dikarenakan dengan kita telah me-root smartphone Android kita, kita sudah merombak file system pada sebuah smartphone sehingga vendor tidak ingin bertanggung jawab apabila ada kerusakan. Tidak usah takut, smartphone Android yang sudah di root bisa dikembalikan ke dalam kondisi semula atau unroot.
  • Rentan terhadap Virus
Untuk kekurangan ini anda harus berhati-hati jika ingin menginstall aplikasi, jangan sembarangan. Untuk itulah gunakan Aplikasi Antivirus Smartphone Android yang bisa anda apatkan di Google Play.

Setelah kita mengetahui kelebihan dan kekurangan dari root, Sekarang kita menuju ke beberapa langkah yang harus dilakukan setelah melakukan rooting.

  • Menghapus Bloatware
Pada umumnya smarpthone Andoid dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi yang tidak penting berada dalam sistem, aplikasi aplikasi yang tidak penting itu disebut Bloatware. untuk itu anda bisa menghapusnya atau menon-aktifkannya dari smartphone Android anda. Aplikasi yang bisa anda gunakan adalah Gemini App Manager
  • Install Custom ROM

Backup root Android
Inilah hal yang membuat pengguna Android paling menyenangkan. Karena di internet banyak ditemukan berbagai jenis ROM custom yang bisa menghasilkan performa yang jauh lebih oke dibanding stock ROM.
  • Overclock CPU

Backup root Android

Anda dapat dengan mudah mengatur kecepatan CPU yang anda inginkan di smartphone Android anda. Aplikasi SetCPU bisa anda gunakan untuk melakukan Overclock CPU.

  • Melakukan Backup

Backup root Android

Berbekal aplikasi Titanium Backup, anda bisa membackup semua file yang ada di smartphone sekaligus.

Itulah tentang Pengertian Dan Fungsi Rooting Smartphone Android yang bisa anda ketahui untuk menambah wawasan anda sekaligus beberapa hal yang perlu dilakukan setelah melakukan root. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.