Home » , , , » Ini Dia Penyebab Terjadi Bootloop Pada Android

Ini Dia Penyebab Terjadi Bootloop Pada Android

Penyebab Terjadi Bootloop Pada Android- banyak pengguna Android yang masih bingung tentang kenapa bisa terjadinya bootloop pada Android mereka. Hal dasar yang perlu anda tahu mengenai bootloop merupakan gabungan dari kata boot dan loop yang berarti suatu kondisi dimana Android anda mengalami booting secara terus menerus semisal saat anda melakukan booting atau restart, Android anda hanya sampai degan munculnya logo, dan tidak dapat masuk ke dalam system. Kasus ini sebagian pengguna Android menyebutnya kerusakan ringan dan bukan kerusakan hardware.

Ini Dia Penyebab Terjadi Bootloop Pada Android
Berikut adalah penyebab terjadinya bootloop pada Android.
  • Bootloop setelah mengacak-acak system Android (folder/system/)
Alasan utama mengapa vendor membuat ROM Android read-only adalah agar system keamanannya terjamin. Selain itu juga supaya virus tidak masuk dan agar pengguna tidak bermain-main di system. Selain Android, perangkat lain pun juga demikian, mengunci data systemnya.

Misal anda mengalami bootloop setelah mengganti font pada Android anda, pasti anda tidak akan mendapatkan hasilnya setelah anda melakukan wiping melalui recovery mode.Karena sebagian besar aplikasi pengganti font Android itu memerlukan hak akses root yang artinya aplikasi itu akan merubah isi dari /system/ Android Anda, khususnya merubah font. Terlebih jika Anda mengganti font nya tanpa aplikasi bantuan melainkan langsung replace ke /system/.

Bootloop setelah otak-atik system Android, beberapa contoh diantaranya seperti :

  • Merubah isi suatu file (ex. build.prop)
  • Merubah permissions app
  • Menghapus / merubah aplikasi penting (ex. SystemUI.apk)
  • Menambahkan tweak di folder init.d
  • Merubah / menghapus font Android
  • Menambah / menghapus isi /system/
  • Flashing ZIP
Chainfire 3D, ya aplikasi ini sering memakan korban.

Untuk masalah diatas, banyak pengguna Android menyarankan untuk melakukan flashing. Ya, itu memang cara paling sakti untuk mengembalikan ROM /system/ yang sudah diacak-acak. Tapi sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan seperti mengganti file system yang rusak dengan file lama (yang sudah Anda backup terlebih dahulu), bisa pakai ADB atau Aroma File Manager atau bisa juga lewat Android Commander dan lain sebagainya. Tapi tetap saja flashing ulang yang paling yahud.
  • Bootloop setelah mengedit setting sebuah aplikasi
Masalah ini bisa diperbaiki dengan melakukan wiping data melalui recovery mode. Mengapa demikian? Berbeda dengan otak-atik system, otak-atik settingan aplikasi tidak merubah apapun di dalam /system/ sehingga ROM bisa dibilang tidak bermasalah. Yang bermasalah yakni /data/, tempat aplikasi terkait berada.

Contohnya anda mengedit aplikasi SetCPU, Android di overclock hingga dua kali lipat speed processor nya dari 800MHz menjadi 1,5GHz dan lain-lain yang menyebabkan system Android anda tidak bisa berjalan dengan lancar dan semestinya.

Sekian artikel singkat mengenai Penyebab Terjadi Bootloop Pada Android
 dan semoga bermanfaat serta menambah kewaspadaan anda dalam mengoprek Android.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.