Home » , » Cara Membuat Widget Homescreen Android Sendiri

Cara Membuat Widget Homescreen Android Sendiri

Cara Membuat Widget Homescreen Android Sendiri - Dari sekian banyak pengguna Android pasti selalu mengeluhkan tampilan homescreen yang biasa saja dan mulai merasa bosan atau jenuh. Selain anda dapat memanfaatkan aplikasi launcher yang bayak terdapat di Playstore, kini anda dapat membuat widget homescreen sesuai dengan keinginan sendiri dengan atau tanpa aplikasi launcher yang terinstall di Android anda. Membuat widget sendiri bukan berarti kita membuat aplikasi dengan sendirinya, tetapi kita dibantu dengan sebuah aplikasi pihak ketiga yang bisa anda peroleh di Playstore dengan berbagai nama aplikasi. Nah disini saya akan mereview sebuah aplikasi yang menyediakan atau memungkinkan kita menampilkan widget di homescreen sesuai keinginan. Aplikasi tersebut bernama Zooper Widget

Cara Membuat Widget Homescreen Android Sendiri
Aplikasi Zooper Widget

Fungsi dan cara kerja dari aplikasi Zooper Widget ini sendiri diantaranya adalah :
  • Anda dapat memilih ukuran widget dan menariknya ke google homescreen, ada banyak ukuran yang bisa dipilih dari aplikasi ini dari 1x1 sampai 4x4 icon spaces. 
  • Anda bisa mengatur layout untuk menambahkan isi atau konten dan dipisahkan menjadi beberapa modul atau tipe seperti text, bitmap, icons, progress bar, gambar sendiri, dan lain sebagainya. 
  • Isi yang bisa anda tambahkan ke widget zooperwidget bisa berupa waktu, tanggal, status baterai, kalender, astronomi, lokalitas, network, system, cuaca dan lain sebagainya 
  • Anda juga bisa menambahkan teks anda sendiri secara manual setelah anda menambahkan isinya, ukurannya warnanya, bentuk huruf nya, dan faktor lain bisa anda tweak. Juga ada banyak pilihan pengaturan option jadi ini membutuhkan beberapa waktu agar anda bisa menguasai dan familiar dengan seluruh pengaturan dan pilihan dari aplikasi zooper. 
  • Tidak hanya perbedaan tipe dari isi dan modul yang bisa ditambahkan ke widget, terdapat juga banyak sub kategori untuk kustomisasi jadi anda bisa custom setiap detil akhir dari widget anda sendiri yang dibuat. 
  • Ada juga beberapa referensi global seperti pemilihan apa ingin menggunakan background transparan atau menggunakan berapa lama refresh interval untuk informasi seperti cuaca, suhu celsius atau suhu fahrenheit, memilih dari weather provider mana, geocoding, landscape mode, dan lain sebagainya. 
    Cara Membuat Widget Homescreen Android Sendiri
Dapat anda peroleh di Playstore

nah setelah anda mengetahui fungsi dan cara kerja aplikasi tersebut, kini saatnya untuk anda mengetahui fitur dan fasilitas yang disediakan oleh Zooper Widget yang bisa anda gunakan kapan saja dan dimana saja:

  1. Full Math expressions supported (like Star Trek stardate) Battery info 
  2. World clock (multiple time zones) 
  3. Weather for current or multiple locations 
  4. Up to 5 days forecast (multiple providers: Open Weather Map, YR.NO) 
  5. Calendar info 
  6. System info (uptime, alarms, SD card space) 
  7. Network traffic data stats for various time frames 
  8. Missed calls, unread SMS, unread GMail (more than one account and label) 
  9. Sunrise, Sunset and Astrological Nautical or Civil twilight 
  10. Moon Rise, Set and Illumination percentage 
  11. Completely dynamic and customizable TTF and PNG icon sets 
  12. Static Bitmaps (PNG with alpha and JPG) 
  13. Progress Bars customizable with any numeric variable such as min/max and value 
  14. Tasker integration 
  15. Jelly Bean lock screen support 
Dengan begitu kini tampilan Homescreen Android anda akan lebih menarik lagi dengan hadirnya aplikasi Zooper Widget. Sekian artikel singkat yang mereview mengenai Cara Membuat Widget Homescreen Android Sendiri yang bisa anda gunakan sekarang juga. Semoga bermanfaat dan nantikan tips trik dan tutorial lainnya hanya di Nanluck™.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.