Home » , , , » Tips Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Redmi 1S Cepat Panas

Tips Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Redmi 1S Cepat Panas

Tips Cara Menghemat Baterai Xiaomi Redmi 1S Cepat Panas - Memiliki dan menggunakan smartphone Xiaomi Redmi 1S yang memiliki ketangguhan fitur yang sangat powerful akan dimanjakan dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Redmi 1S ini. Diantaranya seperti user interface UI atau tampilan antarmuka dengan performa yang oke serta media yang terbilang sangat baik seperti pemutar musik dengan suara yang jernih saat memutarkan sebuah musik dan kamera yang memiliki tangkapan gambar yang tidak bisa diremehkan.
Tips Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Redmi 1S Cepat Panas
Smartphone Xiaomi Redmi 1S dengan RAM 2GB merupakan salah satu saingan berat dari smartphone ASUS Zenfone 5. Jika dilihat dari hasil AnTuTu Benchmark ZenFone 5, Redmi 1S jauh berada diatas Zenfone 5 harga yang ditawarkan dari masing-masing produsen sangat berbanding jauh.


Walaupun dengan performa yang tangguh, Xiaomi tetap memiliki kelemahan salah satunya digunakan bermain game, pada sisi kanan bagian kamera smartphone Redmi 1S sering mengalami overheat. Dikabarkan dari salah satu forum Android bahwa chipset Qualcomm Snapdragon versi 400 hanya mampu berjalan hingga 1,2GHz atau 1,4GHz saja. Sedangkan Xiaomi Redmi 1S yang memiliki clockspeed sampai dengan 1,6GHz dikatakan merupakan overclock sehingga selain cepat membuat smartphone menjadi panas juga membuat Redmi 1S boros baterai.

Kabar tersebut masih belum bisa dibuktikan. Mengingat MIUI ROM juga merupakan ROM racikan Xiaomi yang memiliki segudang fitur, tidak ada yang tahu Redmi 1S dibekali Qualcomm Snapdragon 400 dengan clock setinggi itu. Namun jika hal diatas menjadi acuan, pengguna dapat menurunkan clock CPU tersebut. Disini admin menggunakan No-frills CPU Control memergoki Maximal clock frequency 1,594GHz pada Xiaomi Redmi 1S dan itu merupakan clock tertinggi yang tercantum.

Perlu anda ketahui sebelumnya, bahwa overclocking dapat menimbulkan panas terhadap chipset karena mengkonsumsi daya yang melebihi standard sehingga baterai lebih cepat terkuras. Selain menimbulkan panas, meski performa bisa saja naik beberapa tingkat, jika overclocking dilakukan tanpa melihat seberapa kuat kekuatan chipset tersebut dapat berakibat fatal seperti chipset lemah sampai dengan mati dan smartphone tersebut tamat riwayatnya.

Untuk mensiasati dan mengatasinya, ada satu solusi menghemat baterai Redmi 1S cepat panas dengan melakukan underclocking ke 1,4GHz atau 1,2GHz. Yang jelas jangan terlalu rendah dan terlampau jauh dari clock standard (1,6GHz).
Dibawah ini adalah cara Underclocking / Menurunkan Clock CPU Redmi 1S :

  • Status Redmi 1S sudah di rooted. Baca tutorial root Redmi 1S di Cara Root dan Unroot Xiaomi Redmi 1S.
  • Unduh No-frills CPU Control via Google Playstore.
  • Setting No-frills CPU Control (direkomendasikan sesuai dengan gambar berikut.) 
  • Centang Apply on boot 
  • Apply 

Catatan : Jika setelah anda menggunakan cara atas, namun terjadi dampak yang negatif pada Xiaomi Redmi 1S anda. Silahkan pengaturan pada aplikasi No-frills CPU Control diatur kembali seperti semula.
Demikian artikel tentang Tips Cara Mengatasi Baterai Xiaomi Redmi 1S Cepat Panas. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda mengatasi masalah yang ada. Terima kasih sudah berkunjung.

3 comments:

  1. gan saya udah Apply, kok keluar kaya gini ya (Error: did you allow SuperUSer permission?) solusinya gimana ya? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. xiaomi agan udah di root belum ?
      itu bukan error, tapi perlu akses dari superuser.

      Delete
  2. mau tanyaya kalau cara setting default di frill cpu ada mode default nya ??? catau harus manual ????

    thanks

    ReplyDelete

Powered by Blogger.