Home » , » Fitur Teranyar Android 5.0 Lollipop

Fitur Teranyar Android 5.0 Lollipop

Fitur Teranyar Android 5.0 Lollipop - Pada akhirnya Google telah secara resmi mengumumkan bahwa sistem operasi Android versi 5.0 atau yang disebut dengan Lollipop telah dirilis, dan dapat digunakan di beberapa perangkat Nexus, serta perangkat lain yang berbasis Google Play Edition. Di dalam sistem Android ini tedapat banyak fitur - fitur baru yang memang dikhususkan untuk kenyamanan para penggunanya.
Fitur Teranyar Android 5.0 Lollipop
Tidak hanya itu saja Google juga memberikan kemampuan intergasi antar perangkat seperti smartphone, tablet, dan smartwatch yang lebih baik dari yang sebelumnya. Di Lollipop Google juga menawarkan perubahan Visual yang singifikan dibandingkan dengan Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich.

Dan dibawah ini adalah beberapa fitur terbaru yang dibawa oleh Android Lollipop :
  • Era Komputasi 64-bit
Untuk pertama kalinya, Android 5.0 Lollipop adalah OS Android yang telah dioptimalkan untuk arsitektur 64-bit, yang bisa digunakan di smartphone dan tablet. Dengan bantuan sistem runtime ART, kini semua aplikasi Anda dapat berjalan dalam arsitektur 64-bit yang membuka kemungkinan yang lebih luas. Bahkan, yang nyata sistem operasi mobile di masa depan dapat menggantikan sistem operasi desktop Anda.

2. Tambahan 15 bahasa baru
Bahasa baru itu adalah Bahasa Basque, Bengali, Burma, China (Hong Kong), Galicia, Islandia, Kannada, Kyrgyz, Macedonia, Malayalam, Marathi, Nepal, Sinhala, Tamil, Telugu sehingga total bahasa yang ada di Android Lollipop 5.0 menjadi 68 Bahasa.
  • Up-Date Google Now
Google now merupakan asisten suara yang di miliki oleh Google. Google Now terlihat usang ketika dengan hadirnya Siri milik Apple serta Cortana milik Windows. Dengan adanya sistem android Lolipop ini maka Google akan memberikan inovasi terbaru dengan mengintegrasikan ke berbagai perangkat atau piranti yang lainnya Google Now nantinya akan dapat juga terhubung dengan aksesoris atau piranti wearable serta piranti pandai lainnya.
  • Dukungan Multi-User Accounts
Dengan fitur Multi-User Accounts maka sebuah ponsel Android Lollipop memungkinkan dipakai lebih dari satu orang tanpa harus khawatir dengan kerahasiaan dan keamanan data pribadi di dalamnya, termasuk settings, wallpapers, dokumen dan konten umum lainnya.
  • Keamanan
Android Lollipop 5.0 datang dengan enkripsi secara otomatis untuk membantu melindungi data pada perangkat jika hilang atau dicuri. SELinux berjalan pada semua aplikasi berarti perlindungan yang lebih baik terhadap kerentanan dan malware. Gunakan Android smart lock untuk mengamankan ponsel atau tablet dengan sistem integrasi dua perangkat, dengan kata lain satu perangkat tidak akan bisa dibuka tanpa perangkat pasangannya.
  • Game Mirip Flappy Bird
    Fitur Teranyar Android 5.0 Lollipop
Pada Android Versi Lollipop, terdapat fitur menarik yaitu game yang sekilas mirip dengan game Flappy Bird, namun pada game ini, burung yang biasa melewati rintangan berbentuk persegi panjang berganti menjadi ikon Android dan rintangannya berganti permen Lollipop. Namun, aplikasi ini sementara hanya tersedia pada Nexus 6, bagi anda yang memiliki gadget lain harap menunggu Update selanjutnya dari Google.
  • Fitur Kill Switch
    Fitur Teranyar Android 5.0 Lollipop
Saat ini tampaknya fitur “kill switch” menjadi komoditi populer bagi dunia smartphone. Para operator seluler telah meminta kepada agen pemerintah untuk segera membuatnya, Apple telah menggunakannya, sementara Google bakal mengaplikasikannya di Android 5.0 Lollipop. Sistem operasi terbaru itu akan dilengkapi dengan opsi “Perlindungan Factory Reset” yang akan mencegah pencuri untuk menghapus semua data di dalam ponsel anda supaya pembelinya nanti bisa menggunakan identitasnya pada smartphone curian. Hal ini tentu saja akan membuat para pelaku kejahatan berpikir beribu kali untuk mendapatkan untung besar dari bisnis haramnya, yaitu mencuri dan menjual kembali smartphone yang telah dihapus datanya.

Bila seorang user smartphone mengaktifkan fitur ini maka diperlukan login Google untuk melakukan Factory Reset ponsel pintar dan tablet. Dapat disimpulkan bahwa cara ini juga dapat mencegah Factory Reset karena data akan ter-recovery dan tidak akan bisa dihapus, terlebih apabila ponsel dan tablet yang dicuri juga dilapisi perlindungan sistem keamanan melalui lock screen.
Apabila seseorang menggunakan Perlindungan Factory Reset, harga smartphone dan tablet curian bakal menurun tajam. Sebuah ponsel pintar atau tablet hanya akan menjadi seonggok baja dan kaca tak berguna jika tidak dapat di-unlock atau dihapus data-datanya.
  • Notifikasi Baru
    Fitur Teranyar Android 5.0 Lollipop
Melalui Android 5.0 Lollipop, Google memberikan system notifikasi baru yang disebut notifikasi heads up, dengan notifikasi ini Anda tak akan merasa terganggu lagi serta bisa mengatur apakah notifikasi akan ditampilkan atau tidak.
Fitur notifikasi ini telah diperbaharui yang menjadi semakin baik dan mudah digunakan. Lalu,Lock Screen terbaru dengan tambahan navigasi notifikasi yang bisa digunakan untuk membuka notif atau menghapusnya.
  • Kesehatan
Pada versi Lollipop ini, Google memberikan bumbu-bumbu kesehatan kepada penggunanya. Nantinya fitur ini akan terkoneksi dengan perangkat wearable, dan nantinya akan secara optimal mencatat aktivitas kesehatan kita seperti halnya detak jantung, dll. Perangkat wearable tersebut diantaranya Google Wear. Fitur terbaru ini juga menantang fitur serupa yang akan hadir di iOS 8 yakni HealthKit (Apple).
  • OK Google
Lebih mudah dalam menggunakan fitur-fitur Google serta apabila layar tidak aktif, anda dapat mengatakan “OK Google” pada perangkat anda untuk mengakss fitur fitur google.
  • Android TV
Lebih mudah dalam mengakses Google Cast serta pencarian meggunakan suara untuk Google Play, YouTube dan aplikasi yang didukung sehingga bisa mengatakan apa yang ingin anda lihat

Sebenarnya masih banyak lagi fitur-fitur baru yang di tawarkan pada Android Versi 5.0 ini, semisal desain baru, hemat baterai, kemampuan kamera, video dan audio yang lebih baik, konektifitas yang lebih baik, fitur yang dimana apabila terdapat jaringan wifi dan perangkat Android telah terhubung sebelumnya, maka lalu lintas data selular akan nonaktif secara otomatis sehingga dapat menghemat penggunaan kouta dan akan aktif secara otomatis pula apabila tidak terdapat jaringan wifi yang telah terhubung sebelumnya, fitur quick setting dan device sharing. Namun menurut saya, fitur-fitur tersebut telah dapat anda temukan pada perangkat Android versi KitKat ataupun fitur dari masing-masing gadget atau juga dari spesifikasi Handphone itu sendiri.

Nah itulah fitur terbaru dari Android 5.0 Lollipop. Semoga bermanfaat untuk anda.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.