Home » , , » Cara Setting Kamera Xiaomi Agar Memiliki Hasil Foto Seperti Kamera DSLR

Cara Setting Kamera Xiaomi Agar Memiliki Hasil Foto Seperti Kamera DSLR

Cara Setting Kamera Xiaomi Agar Memiliki Hasil Foto Seperti Kamera DSLR - Kamera pada Xiomi Redmi sudah sangat mumpuni dijadikan sebagai alat alternatif jepret photo demi menunjang kebutuhan blog atau kebutuhan ber-selfie ria. Saya sendiri setiap hari menggunakan kamera yang tertanam di Xiaomi Redmi Mi Max, untuk mengambil moment-moment terbaik yang saya dapatkan.

Spesifikasi kamera Xiaomi Redmi Mi Max adalah sebagai berikut: Kamera Belakang 16 Megapixel, Memiliki fitur phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR. Kamera Depan 5 Megapixel, Video 1080p@30fps, 720p@120fps. Cukup gahar kan ?


Cara Setting Kamera Xiaomi Agar Memiliki Hasil Foto Seperti Kamera DSLR

TIPS MEMBUAT FOTO BLUR BACKGROUND MENGGUNAKAN KAMERA XIAOMI


Untuk mengoptimalkan kamera di handphone merk Xiomi Redmi seperti layaknya kamera DSLR, ada beberapa pengaturan yang harus dilewati. Nah melalui blog ini saya akan berbagai bagaimana cara setting aplikasi kamera xiomi redmi.


  • Buka aplikasi kamera di Xiaomi Redmi Mi Max (saya menggunakan jenis type ini, untuk type yang lain bisa menyesuaikan).
  • Setelah terbuka, geser pada layar ke arah kanan, kemudian cari icon gear. Silahkan ditekan untuk menuju ke menu pengaturan.
  • Pada menu pengaturan klik Bingkai kamera dan pilihlah ukuran layar penuh 16:9
  • Pada Kualitas Gambar pilih "Tinggi". Untuk pengaturan lain tidak perlu diubah, biarkan tetap pada pengaturan default.
  • Sekarang geser layar kearah kiri untuk kembali ke mode ambil gambar, perhatikan dengan seksama. Apabila kamu mengaktifkan flash maka DSLR tidak aktif. Supaya kamu bisa mengambil gambar DSLR, silahkan hidupkan atau tekan tombol HDR mati, jika tombol HDR Hidup berarti kamera Xiomi sudah dalam mode HDR. Ingat, mode HDR tidak memakai flash.
  • Nah yang terakhir, silahkan mengambil obyek gambar untuk melakukan tes apakah kamera sudah terasa seperti DSLR atau belum, ada teknik yang harus kamu perhatikan.

Tentukan Objek Foto

Banyak orang mengeluh karena mereka tidak bisa menghasilkan foto blur di bagian background dengan menggunakan smartphone mereka. Hal ini tentu lumrah dimana kamera smartphone biasa tidak memiliki lensa yang panjang seperti smartphone jenis Zoom. Untuk menghasilkan foto bokeh kamu harus menentukan objek sob.

Objek yang kamu foto haruslah berupa benda yang tidak memiliki ukuran sebesar manusia. Meskipun bisa blur di bagian background foto tersebut. Namun, hasilnya tentu tidak sempurna seperti menggunakan kamera DSLR. Bahkan kamu tidak bisa melihat bahwa foto tersebut blur di latar belakangnya.

Jarak Kamera Dengan Objek


Cara Setting Kamera Xiaomi Agar Memiliki Hasil Foto Seperti Kamera DSLR

Umumnya kamera smartphone memiliki jarak maksimal 1 meter antara kamera dan objek agar kamera bisa menangkap fokus dengan baik sehingga menghasilkan foto bokeh yang bagus. Cobalah untuk mengambil foto dengan mengubah jarak yang tepat agar kamera smartphone kamu bisa mendapatkan fokus yang tepat sesuai yang kamu inginkan sob.

Pertahankan Kestabilan Kamera


Mustahil smartphone yang kamu pegang tidak bergerak sama sekali ketika ingin mengambil gambar. Untuk kamera smartphone Xiaomi pasti memiliki kekurangan, dan jangan kamu tambahkan lagi dengan mengambil gambar dalam keadaan smartphone tidak stabil. Gunakan tripod atau letakkan smartphone pada bidang datar dan kokoh agar smartphone tidak goyang.

Manfaatkan timer untuk mengambil gambar. Hal ini mencegah smartphone goyang saat kamu menekan tombol shutter. Akibat dari goyangan tersebut akan membuat hasil foto tidak bisa mendapatkan fokus terbaiknya. Alhasil, di bagian pinggir objek akan terlihat kabur, tidak tajam karena akibat dari smartphone yang goyang. Selain timer, kamu bisa menggunakan perintah suara untuk mengambil gambar. Pada beberapa ponsel Xiaomi fitur ini tersedia dan bisa kamu gunakan untuk menghasilkan foto bokeh yang keren.

Setting Kamera

Meski semua smartphone Xiaomi memiliki fitur kamera yang berbeda. Namun, ada beberapa fitur yang dimiliki hampir semua smartphone besutan Tiongkok ini. Salah satu contohnya adalah HHT. Ya, fitur ini berguna saat mengambil foto di malam hari. Kamu hanya perlu mengaktifkan fitur ini untuk mendapatkan foto malam yang bagus. Selain itu, kamu bisa setting ISO antara 100-400 untuk foto malam hari atau dibawah cahaya lampu malam.

Dalam kondisi cukup atau kurang cahaya, sebaiknya selalu gunakan mode manual serta matikan keseimbangan putih. Saat malam hari, mengaktifkan mode HHT saya rasa sudah cukup untuk menghasilkan foto yang jernih. Sedangkan ketika siang hari dengan pencahayaan yang cukup memadai. Kamera Xiaomi tidak perlu banyak settingan karena kamera ponsel ini tidak perlu diragukan lagi.

Untuk menghasilkan foto yang bagus dari Xiaomi kamu hanya perlu mengetahui setting pada kondisi cahaya yang tepat serta menjaga kestabilan kamera agar tidak goyang saat pengambilan.

Demikian artikel Cara Setting Kamera Xiaomi Agar Memiliki Hasil Foto Seperti Kamera DSLR, semoga dapat bermanfaat, terima kasih.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.